Seperti yang tidak biasa saya lakukan selama kekacauan situasi yang kita hadapi ini, saya baru-baru ini tanpa sadar menggulir Twitter, kemungkinan besar menghindari melakukan beberapa hal di sekitar rumah atau memikirkan hal lain secara harfiah. Saya menemukan tweet oleh Mike Sexton yang mengacu pada suara poker orang-orang, Joey Ingram, melakukan wawancara dengan pendiri World Poker Tour Steve Lipscomb.

“Di luar kemungkinan pengecualian Binions, Steve telah berbuat lebih banyak untuk mengembangkan poker daripada siapa pun dalam sejarah bumi.”

Saya rasa saya mengambil pengecualian untuk kedua bagian dari pernyataan ini, tetapi saya ingin membahas beberapa poin di kedua sisi argumen ini tentang Steve Lipscomb sehubungan dengan pertumbuhan poker.

Tentu saja, sebagai pendiri WPT, Lipscomb sangat penting dalam membawa poker ke massa. Gagasan tentang serangkaian acara di berbagai lokasi di seluruh dunia dengan satu-satunya tujuan menjadi acara TV satu jam yang diproduksi tampaknya aneh sekarang dengan tur poker yang dibuat untuk TV yang tak terhitung jumlahnya yang sekarang beroperasi, seluruh jaringan streaming yang didedikasikan untuk poker, dan lusinan orang mencari nafkah atau setidaknya menambah penghasilan mereka dengan streaming poker dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Itu adalah yang pertama dari jenisnya dalam hal itu dan langkah yang berani, terutama mengingat seperti apa acara televisi poker sebelum WPT datang. Lihat di YouTube untuk beberapa acara WSOP yang diproduksi ESPN dari tahun 70-an dan 80-an dan Anda akan bosan dengan permainan poker itu sendiri bahkan sambil mengagumi fakta bahwa orang-orang benar-benar mengenakan beberapa pakaian itu.

Ketidaksesuaian bagi kita yang menonton siaran televisi kemenangan Carlos Mortensen di ESPN pada tahun 2001 dan mendengar tentang seluruh tur yang didedikasikan untuk acara poker yang disiarkan televisi terlihat jelas. Bagaimana BAHWA bisa cukup menghibur untuk menghasilkan 10+ jam konten tahun demi tahun dan berapa nomor saluran Travel Channel?

Apa yang tidak kami pahami adalah seberapa besar pengaruh kamera kartu poker broadcast hole. Sungguh teknologi yang luar biasa! Alih-alih mengandalkan pertikaian atau pengakuan pemain terkait kartu hole mereka, kami dapat menangkapnya secara real time sehingga pemirsa dapat melihat drama tersebut terungkap saat itu terjadi.

Akankah Phil Hellmuth melipat tangan terbaik kali ini? Bagaimana Daniel Negreanu menamai dua kartu lawannya? Itu memungkinkan untuk siaran tangan non-showdown dengan jumlah drama yang sama. Saya yakin saya tersentak lebih dari sekali ketika seseorang dibagikan raja saku di meja final dan grafik untuk kartu As orang lain muncul di layar. Ini semua berkat Steve Lipscomb yang menyusun tur itu sendiri dan penggunaan kamera-kamera itu.

Namun, ada masalah dengan narasi ini. Acara utama World Series of Poker 2002 selesai pada 24 Mei dan WPT didirikan pada 27 Mei. Kamera hole card, ditemukan oleh pemain poker dan pembuat mainan Henry Orenstein, digunakan di meja final acara utama ketika Robert Varkonyi menang! Ya, aspek tur dari Tur Poker Dunia adalah hal baru dan sesuatu yang pasti digunakan Seri Dunia Poker untuk keuntungan mereka, tetapi WPT adalah yang kedua setelah memasarkan pada kamera kartu lubang. Tentu, nilai produksi mereka lebih baik dengan panggung dan pencahayaan yang dibuat khusus, meja kamera terintegrasi dan beberapa kamera dan pengaturan boom, tetapi tidak jelas apakah Steve Lipscomb memiliki ide pertama atau jika WSOP melakukannya, dan jika dia tidak membawa Ide untuk kamera hole card ke pasar, apakah dia benar-benar berpengaruh?

Jelas, Lipscomb sangat berpengaruh dan penting untuk dicatat bahwa meskipun WPT berada di urutan kedua setelah ide kamera, mereka melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengimplementasikannya dan WSOP tidak benar-benar meningkatkan penggunaan kamera mereka sampai tahun 2004 ketika mereka televisi beberapa acara, termasuk yang akan saya menangkan, acara hold’em dengan batas pot $ 3.000. (Acara yang sudah tidak ada lagi.)

Apakah semua ini membuat Steve Lipscomb mendapat perbedaan sebagai telah “berbuat lebih banyak untuk mengembangkan poker daripada siapa pun dalam sejarah bumi?” Dengan segala hormat kepada Steve, saya pikir saya mungkin memiliki beberapa kandidat lain, dan dalam edisi berikutnya saya akan membahas lebih banyak tentang beberapa orang yang memajukan pertumbuhan eksponensial poker jauh sebelum waktu Lipscomb.